MARGA MARGA DI NEGERI TULEHU
Marga
- Marga yang ada di negri TULEHU tidak
datang secara serentak, tetapi secara bergelombang dan dibagi menjadi 3 (tiga)
kelompok yaitu :
1.
KELOMPOK
ADAT
v UMARELLA
(ASEL)
v TEHUHATUELLA
(RESY)
v TEHUPELASURY
(TERY)
v NAHUMARURY
(EY)
Kelompok
pertama ini dinamakan KELOMPOK ADAT disebabkan jabatan yang mereka sandang adalah
jabatan adat pada pemerintahan adat yaitu PARA
LATU
v UMARELLA (ASEL)
MARGA
UAMRELLA dengan RUMATAU ASEL ini juga terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
·
UMARELLA
(TANAH LISA)
UMARELLA
(TANAH LISA) ini juga terbagi menjadi 3 bagian juga yaitu :
·
UMARELLA (TANAH LISA) ( KETURUNAN UPU
LATU NUSA HUHUIN
·
UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG HITU)
·
UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG ALAKA)
§ UMARELLA (TANAH LISA) ( KETURUNAN UPU
LATU NUSA HUHUIN)
UMARELLA
(TANAH LISA) ( KETURUNAN UPU LATU NUSA HUHUIN) adalah UMARELA (TANAH LISA)
keturunan langsung dari UPU LATU NUSA HUHUIN yang mendirikan negeri tulehu
sekaligus merupakan penguasa di NEGERI TULEHU.
UMARELLA (TANAH LISA) (KETURUNAN UPU LATU NUSA HUHUIN) ini yang berhak
secara turun-temurun menjadi pemimpin di negeri yang dibangun oleh moyang
mereka UPU LATU NUSA HUHUIN karena mereka adalah keturunan asli NEGERI TULEHU, mereka ini pemegang adat di
NEGERI TULEHU secara umum.
§ UMARELLA (TANAH LISA) ( PERANG HITU )
MARGA
UMARELA (TANAH LISA) (PERANG HITU) ini bukan keturunan UPU LATU NUSA HUHUIN tapi moyang mereka ini
berasal dari PEMERINTAHAN HITU dengan MARGA PELLU dan bukan keturunan asli dari
NEGERI TULEHU. Keturunan ini tidak berhak menduduki posisi posisi ADAT NEGERI TULEHU tetapi mereka hanya sebagai
pendengar dan penurut ADAT NEGERI TULEHU maupun ADAT RUMATAU ASEL yang mereka sandang. Keturunan
ini sampai memakai MARGA UMARELLA (TANAH LISA) karena pemberian atas jasa jasa
moyang mereka dalam membantu UPU LATU NUSA HUHUIN di medan perang pada saat
PERANG HITU. Dan ketika PEMERINTAHAN HITU jatuh ketangan penjajah, moyang
mereka lari ke NEGERI TULEHU dan mengganti MARGA PELLU menjadi MARGA UMARELLA.
§ UMARELLA (TANAH LISA) (PERANG ALAKA)
MARGA
UMARELLA (TANAH LISA) ( PERANG ALAKA) ini tidak jauh berbeda dengan UMARELLA (
TANAH LISA) ( PERANG HITU) , pada PERANG ALAKA bala tentara dari MALUKU UTARA
membantu UPU LATU NUSA HUHUIN di medan, laga PERANG ALAKA sehingga setelah
peperangan itu usai mereka tidak lagi kembali ke MALUKU UTARA tetapi mereka
memutuskan untuk menetap di NEGERI TULEHU dan memakai MARGA UMARELLA yang
ditandai dengan tanda UMARELLA PERANG ALAKA. Mereka ini pun tidak berhak duduk
dalam struktur ADAT NEGERI TULEHU maupun ADAT RUMATAU ASEL tetapi mereka hanya
sebagai pendengar dan penurut semua keputusan RUMATAU ASEL ataupun keputusan
NEGERI TULEHU.
v TEHUHATUELLA ( RESSY )
TEHUHATUELLA
dengan RUMATAU RESSY sangat sedikit sekali jumlah keturunanya yang ada di
NEGERI TULEHU sekarang ini. MARGA TEHUHATUELLA dengan RESSY sebagai RUMATAUnya
ini merupakan keturunan dari UPU RESSY atau lebih dikenal dengan gelar UPU LATU
HARUA atau dikenal dengan gelar yang lain yaitu UPU KAIHENA. Kalau diteliti
dengan seksama keturunan laki laki dari MARGA TEHUHATUELLA yang sebenar –
benarnya atau keturunan langsung dari UPU RESSY atau UPU LATU HARUA ini
sepertinya mereka menyembunyikan jati diri mereka dan tidak memakai MARGA dari
moyang mereka ini, entah mengapa mungkin mereka mempunyai alasan yang sangat
rahasia. Sedangkan yang sekarang menggunakan MARGA TEHUHATUELLA di NEGERI
TULEHU ini harus di pertanyakan keaslian atau bukan asal pakai saja sebab –
sebabnya mungkin mereka yang lebih tahu akan hal ini. MARGA TEHUHATUELLA di
NEGERI TULEHU adalah salah satu MARGA asli di NEGERI TULEHU dan keturunan ini
mempunyai hak menduduki JABATAN ADAT.
Sebutan keturunan dari bapaknya yang bermarga TEHUHATUELLA adalah RUMATAU RESSY
dan sebutan untuk keturunan dari ibunya bermarga TEHUHATUELLA adalah MARARESSY
ini adalah sebutan adat untuk keturunan ini yang dilindungi oleh ADAT NEGERI
TULEHU.
v TEHUPELASURY
( TERY )
MARGA
TEHUPELASURY dengan TERY sebagai RUMATAUnya ini merupakan salah satu MARGA ADAT
NEGERI TULEHU. RUMATAU TERY dengan MARGAnya TEHUPELASURY ini adalah keturunan
dari UPU TERY atau yang dikenal dengan
sebutan SEBENAR LATU. MARGA yang satu ini diidentikan dengan TUJUH BIDADARI
dari kahyangan yang turun mandi di Bumi dan di temukan oleh moyang mereka pada MATA
AIR TUJUH. Sebutan untuk keturunan dari bapaknya yang BERMARGA TEHUPELASURY
adalah RUMATAU TERY sedangkan keturunan dari ibunya yang BERMARGA TEHUPELASURY
adalah MARA TERY. Kedua sebutan ini dilindungi oleh ADAT NEGERI TULEHU dan
termasuk sebagai anak ADAT dan ANAK TURUN DATI untuk NEGERI TULEHU. Keturunan
ini juga berhak atas jabatab –jabatan ADAT di dalam PEMERINTAHAN NEGERI TULEHU.
v NAHUMARURY
( EY )
MARGA NAHUMARURY dengan RUMATAU EY ini
merupakan MARGA ADATke empat didalam struktur ADAT NEGERI
TULEHU. MARGA NAHUMARURY ini merupakan keturunan
dari UPU EY atau UPU RUHU PUTIH dan atau
lebih dikenal dengan gelar AMA LATU EY. Panggilan kepada keturunan
dari garis bapaknya yangBERMARGA NAHUMARURY adalah RUMATAU
EY sedangkan panggilan kepada keturunan dari garis ibunya yang BERMARGA
NAHUMARURY adalah MARA EYdan kedua sebutan ini dilindungi
oleh ADAT NEGERI TULEHU.
MARGA NAHUMARURY dengan RUMATAU EY ini terbagi
menjadi tiga bagian, yaitu:
·
NAHUMARURY ( LUTUPESSY )
·
NAHUMARURY ( LOALUTU )
·
NAHUMARURY ( NAHUMATA )
§
NAHUMARURY (LUTUPESSY)
NAHUMARURY dengan
tanda LUTUPESSY ini merupakan keturunan anak laki-laki
dari AMA LATU EY atau UPU RUHU PUTIH yang
mana tanda LUTUPESSY ini juga menunjukan bahwa keturunan ini
adalah keturunan asli NEGERI TULEHU dan mempunyai hak
menduduki jabatan ADAT dalam NEGERI TULEHU. LUTUPESSY ini
mempunyai arti sama dengan Tempat Berkumpul dan atau juga sama dengan
Payung. Jadi sekali lagi NAHUMARURY LUTUPESSY adalah keturunan
langsung dari AMA LATU EY yang pernah berkuasa di AMAN
EY yang mana AMA LATU EY ini di kudeta oleh OHORELLA dan
daerah kekuasaan AMA LATU EY itu dirubah namanya oleh yang
mengkudeta AMA LATU EY itu menjadi GUNUNG ERY WAKAN sampai
sekarang bahkan keturunan NAHUMARURY yang sekarang sudah tidak
lagi tahu dimana letak dari AMAN EY tersebut.
§
NAHUMARURY(LOALUTU)
NAHUMARURY dengan
tanda LOALUTU ini adalah keturunan dari UPU KAPITAN
SAHUTIAN yang kawin masuk dengan PUTERI HUAETU anak
dari UPU RUHU PUTIH atau AMA LATU EY. LOALUTU mempunyai
arti sama dengan Naik Berkumpul dan juga NAHUMARURY LOALUTU ini
adalah keturunan langsung dariUPU RUHU PUTIH atau AMA LATU
EY jadi keturunan ini adalah keturunan asliNEGERI TULEHU dan
mempunyai hak menduduki jabatan ADAT NEGERI TULEHU. UPU
KAPITAN SAHUTIAN ini sebelum mengawini PUTERI HUAETUbeliau
mendapat tugas dari AMA LATU EY untuk menumpas pemberontakan
yang dilakukan oleh KAPITAN BAIKOLE dari MALUKU UTARA sedangkan AMA
LATU EY sendiri mendapat tugas penting itu dari UPU LATU NUSA
HUHUIN. UPU KAPITAN SAHUTIAN pergi menumpas pemberontakan
itu dan beliau ditemani olehUPU LATU HARUA sebagai saksi
perjuangan UPU KAPITAN SAHUTIAN. Pemberontakan itu berhasil
ditumpas dan KAPITAN BAIKOLE yang memimpin pemberontakan itu
harus menghembuskan napasnya yang terakhir diujung tombak UPU KAPITAN SAHUTIAN.
Atas jasa-jasa NAHUMARURY ini UPU LATU NUSA HUHUIN memberikan
hadiah berupa tanah di belakang MASJID RAYA TULEHUkepada NAHUMARURY bukan
sampai disitu saja hadiah yang diberikan oleh UPU LATU NUSA HUHUIN kepada NAHUMARURY tetapi
dimana ada tanahUMARELLA disitu berbatasan dengan NAHUMARURY.
Tanah di belakang MASJID RAYA TULEHU adalah hak
dari NAHUMARURY atas pemberian UPU LATU NUSA HUHUIN ini
sekarang diklaim oleh MARGA OHORELLA sebagai sang pemilik
tanah. Sebenarnya sejak kapan tanah itu milik MARGA OHORELLA. MARGA
NAHUMARURY di aniaya dan dirampas haknya oleh MARGA OHORELLA ini
dariAMAN EY sampai ke AMAN TUIREHUI yang sekarang.
§
NAHUMARURY (NAHUMATA)
NAHUMARURY dengan
tanda NAHUMATA ini bukan keturunan dari AMA LATU EY atau UPU
RUHU PUTIH dan bukan keturunan asli NEGERI TULEHU, tetapiNAHUMARURY
NAHUMATA ini adalah pasukan perang yang berasal dariMALUKU UTARA yang
berjasa membantu para pejuang dari NEGERI HAUSUHAdi medan
pertempuran PERANG ALAKA. Pasukan perang dari MALUKU UTARA ini
membuat pertahanan di NEGERI ABORU dan ketika PERANG
ALAKA berakhir mereka tidak lagi kembali ke kampung halamannya lagi
tetapi sebagian menetap diNEGERI ABORU dengan MARGA
NAHUMURY dan sebagian memilih menetap diNEGERI TULEHU dan
menjatuhkan pilihan memakai MARGA NAHUMARURYdengan tanda NAHUMATA.
Keturunan ini dilarang menduduki jabatan ADAT padaRUMATAU
EY maupun JABATAN ADAT pada PEMERINTAHAAN di
NEGERI TULEHU, mereka hanya sebagai pendengar dan penurut segala
keputusan RUMATAU EY maupun keputusan ADAT NEGERI
TULEHU. NAHUMATA kalau diartikanNAHU = Jatuh
atau Menjatuhkan Pilihan, MATA = RUMATAU atau MATA
RUMAH. Jadi NAHUMATA adalah Pasukan Perang MALUKU
UTARA Yang Menjatuhkan Pilihan Memakai MARGA NAHUMARURY.
YANG BERHAK MENJADI LATU DI NEGERI TULEHU
Terjadi pemutar balikan sejarah di BUMI NUNUSAKU dari masa
penjajahan Portugis sampai masa penjajahan Belanda berdampak pada ketidak
puasan masyarakat di setiap Negeri Adat yang berada di BUMI NUNUSAKU ini
tentang siapa sebernarnya yang berhak memimpin disetiap Negeri Adat ini. Tidak
terkecuali di NEGERI TULEHU yang mana terjadi ketidak puasan
masyarakat Adat Negeri terhadap kepemimpinan selama ini. Kalau melihat konsep
menjajah maka sudah bisa dipastikan bahwa OHORELLA adalah Raja
buatan penjajah. Karena ketika suatu daerah sudah ditaklukan dan dijajah maka
secara otomatis penjajah akan menggantikan seluruh perangkat kepemimpinan dan
digantikan oleh orang-orang yang setia kepada mereka (penjajah). Berikut ini
adalah sejarah singkat NEGERI TULEHU :
Pada tahun ± 1240 sampai ± 1270 datang secara berangsur-angsur
empat RUMATAU dariBANGSAWAN NUNUSAKU terdiri dari
lima rombongan :
Empat RUMATAU Pertama:
1.
UPU LATU NUSA HUHUIN (UMARELLA)
2.
UPU LATU AMAN HUSAR (UMARELLA)
3.
UPU LATU HARUA (TEHUHATUELLA)
4.
SABENAR LATU (TEHUPELASURY)
5.
AMA LATU EY (NAHUMARURY)
Maka terjadi kesepakatan pertama empat RUMATAU yang
diikuti lima orang bersepakat yang memimpin keempat RUMATAU adalah UPU
LATU NUSA HUHUIN (UMARELLA) dan beliau juga dikenal sebagai AMAN
UPU’I yang dimelayukan menjadi MAHA RAJA YANG DIPERTUAN
AGUNGKAN.
Dan pada tahun ± 1290 sampai ± 1310 datang juga secara berangsur-angsur
empatRUMATAU kedua tapi bukan dari kalangan BANGSAWAN
NUNUSAKU :
Empat RUMATAU Kedua:
1.
WAKAN (OHORELLA)
2.
LOUW (HUNUSALELLA)
3.
LAEN (TUASALAMONY)
4.
LATING (LESTALUHU)
Setelah empat RUMATAU kedua sudah mendiami BUMI
HAUSUHA maka UPU LATU NUSA HUHUIN (UMARELLA) mengumpulkan
mereka semua dan membuat satu kesepakatan yang disebut kesepakatan “MATAWARU”. MATA=RUMATAU sedangkan WARU=DELAPAN.
Jadi kesepakatan MATAWARU adalah kesepakatan DELAPAN
RUMATAU atau DELAPAN MATA RUMAH yang diikuti
oleh SEMBILAN ORANG. Dari kesepakatan itu maka terjadi pembagian
jabatan di NEGERI TULEHU. Empat RUMATAU Pertama
mendapat jabatan sama seperti awal mereka datang dan dikelompokan
sebagai KELOMPOK ADAT yaitu :
1.
UPU LATU NUSA HUHUIN (UMARELLA) (PEMIMPIN TERTINGGI)
2.
UPU LATU AMAN HUSAR (UMARELLA)
3.
UPU LATU HARUA (TEHUHATUELLA)
4.
SABENAR LATU (TEHUPELASURY)
5.
AMA LATU EY (NAHUMARURY)
Sedangkan Empat RUMATAU kedua dikelompokan
sebagai KELOMPOK AGAMA kebagian jabatan:
1.
PANDITA WAKAN (OHORELLA) (IMAM UZUR)
2.
PANDITA LOUW (HUNUSALELLA) (IMAM UZUR)
3.
PANDITA LAEN (TUASALAMONY) (IMAM UZUR)
4.
MODIM LATING (LESTALUHU)
DELAPAN RUMATAU yang berjumlah SEMBILAN ORANG ini
mempunyai arti yang sangat luas dan salah satunya adalah PATASIWA dan PATARIMA.
PATARIMA adalah UPU LATU NUSA HUHUIN sebagai PEMIMPIN
KELOMPOK ADAT
PATARIMA adalah UPU LATU NUSA HUHUIN sebagai PEMIMPIN
KELOMPOK AGAMA
PATASIWA adalah UPU
LATU NUSA HUHUIN sebagai LATU TERTINGGI sekaligus IMAM
BESAR atau PEMIMPIN dua kelompok dan atau PEMIMPIN
DELAPAN RUMATAU dan atau juga sebagai PEMIMPIN KEDELAPAN ORANG.
Dari kisah singkat diatas
berarti sangatlah jelas bahwa YANG BERHAK MENJADI LATU di NEGERI TULEHU adalah
yang BERMARGA UMARELLA. Mudah-mudahan ini bisa menjadi referensi
sejarah di BUMI NUNUSAKU.
Referensinya dari mana Babang ??
BalasHapus